Kalau Saya Demam Apa Yang Perlu Saya Lakukan?

Demam (sering disebut panas), merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum kita atau keluarga kita hadapi sehari-hari. Bilamana demam yang dialami sangat tinggi, atau bahkan menimbulkan gangguan pada penderitanya seperti mengigau, tentu saja membuat kita cemas. Demam tinggi yang terjadi pada bayi dan anak yang rentan juga berpotensi menimbulkan kejang demam.

Apakah demam itu?
Kalau boleh kita pahami bahwa suhu tubuh normal selalu terjaga pada kisaran 35.5-37.2 derajat celcius. Bilamana suhu di luar tubuh meningkat sangat tinggi maka tubuh akan mengeluarkan keringat suatu mekanisme untuk menurunkan suhu tubuh; sebaliknya bilamana suhu diluar sangat dingin, maka tubuh berusaha memproduksi panas yang berasal dari pembakaran energi di dalam tubuh kita.
Bilamana terjadi demam, pengaturan suhu dalam tubuh menjadi terganggu. Pusat pengatur tubuh akan menaikkan ambang batas suhu menjadi di atas suhu tubuh normal, misalnya 38 derajat atau bahkan pada suhu yang sangat tinggi bisa melebihi 40 derajat celcius.

Sebenarnya kenaikan suhu tubuh, terutama pada kondisi infeksi merupakan mekanisme tubuh untuk melawan bibit penyakit, dimana pada suhu yang tinggi bibit penyakit akan lebih mudah dibunuh, sistem imunitas/daya tahan tubuh akan semakin aktif untuk melawan penyakit.

Yang terpenting dan perlu dipahami adalah bahwa demam bukan merupakan penyakit; akan tetapi demam merupakan gejala yang diakibatkan oleh penyakit misalnya penyakit infeksi.

Penyakit yang menimbulkan gejala demam cukup beragam, namun penyebab demam yang paling sering adalah penyakit infeksi. Berbagai bibit penyakit seperti virus, bakteri atau parasit, dapat masuk ke dalam tubuh, sehingga menimbulkan perlawanan tubuh untuk membunuh bibit penyakit tersebut. Akibat perlawanan tersebut terjadilah demam.

Apa yang perlu dilakukan bila anda demam?
Bilamana anda atau keluarga anda mengalami demam, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah :
1. Memperhatikan sudah berapa lama demam berlangsung dan melakukan pengukuran suhu tubuh saat demam naik.
Demam yang baru berlangsung kurang dari 7 hari disertai dengan kenaikan suhu yang tinggi
umumnya disebabkan oleh infeksi seperti infeksi termasuk demam berdarah dan demam
tifoid (tifus)
2. Memperhatikan keluhan dan gejala lain yang juga dialimi misalnya batuk (menandakan ada infeksi di saluran nafas), diare/nyeri perut (menandakan ada infeksi di saluran cerna), buang air kecil nyeri (menandakan ada infeksi di saluran kemih)
3. Memperhatikan keadaan penderita, misalnya muntah, tidak nafsu makan, lemas atau kekurangan cairan/dehidrasi

Bilamana demam baru berlangsung baru 1 hari, dan kondisi penderita baik; perawatan dapat dilakukan di rumah. Penderita diharapkan minum cukup, beristirahat. Bilamana suhu meningkat sangat tinggi, kompres dingin dapat diberikan. Penderita dapat mengkonsumsi obat penurun demam misalnya parasetamol, aspirin atau ibuprofen. Parasetamol merupakan obat penurun demam yang paling aman dan tidak menganggu lambung, walaupun potensinya tidak sekuat aspirin maupun ibuprofen. Parasetamol dapat diberikan dengan dosis 3-4 kali sehari 500-750mg perkali minum untuk orang dewasa. Bilamana suhu meningkat sangat tinggi dapat diberikan dosis maksimal 4x1000mg.

Bilamana demam masih berlangsung lebih dari 3 hari, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter di sarana kesehatan terdekat (poliklinik, puskesmas atau rumah sakit). Salah satu penyebab demam yang perlu diwaspadai bila demam masih berlangsung lebih dari 3 hari adalah demam berdarah dan demam tifoid yang memerlukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s