ISTILAH-ISTILAH KHASIAT OBAT

ISTILAH-ISTILAH KHASIAT OBAT

Sebagai pengguna obat ada baiknya kita mengetahui istilah-istilah yang umum dipakai berkaitan dengan khasiat obat. Beberapa istilah tersebut adalah sebagai berikut :

ANTIPIRETIK : Obat-obat yang khasiatnya adalah sebagai penurun panas tubuh ketika mengalami demam. Contoh obat yang paling populer sebagai antipiretik adalah parasetamol/ acetaminophen.

ANALGESIK : Obat-obat yang kerjanya adalah menghilangkan rasa sakit/ nyeri yang bisa disebabkan oleh berbagai penyebab seperti rasa nyeri pada sakit gigi, rematik, luka dan sebagainya. Sifat dari obat jenis ini hanyalah menghilangkan keluhan sakit/ nyeri tetapi tidak menyembuhkan/ menghilangkan penyebab sakit/ nyerinya. Contoh obatnya adalah aspirin, tramadol dan lain-lain. Parasetamol selain berkhasiat sebagai antiperetik, juga bisa digunakan sebagai analgesic.
ANTITUSIF : Obat-obat yang khasiatnya adalah sebagai penekan pusat batuk. Tepat digunakan pada batuk yang tidak produktif atau batuk kering. Tidak tepat digunakan pada batuk berdahak kerena tidak akan bisa mengeluarkan dahar dari saluran pernafasan.
EKSPEKTORAN : Obat-obat yang berkhasiat sebagai pengencer dan mengeluarkan dahak dari saluran pernafasan ketika batuk. Sehingga obat jenis ini merupakan pilihat tepat pada batuk yang produktif atau batuk berdahak.
DECONGESTAN : Obat-obat yang bekerja sebagai pereda hidung yang tersumbat seperti pada keadaan pilek.
ANTIHISTAMIN : Obat-obat yang bekerja dalam mengatasi keadaan alergi dengan melakukan pengikatan atau penetralan terhadap histamin sebagai penyebab alergi
DIURETIK : Obat-obat yang kerjanya adalah meningkatkan produksi urin/ kencing guna mengurangi cairan yang berlebih di dalam tubuh seperti pada keadaan udem/ bengkak akibat penyakit hati atau pada penanganan hipertensi.
ANTIHEMOROID : Obat-obat yang berguna untuk mengatasi wasir/ embeyen.
VASODILATOR : Obat-obat yang kerjanya adalah memperlebar pembuluh darah agar tekanan darah menjadi turun.
ANTIPLATELET : Obat-obat yang berkhasiat sebagai pencegah terjadinya penggumpalan darah atau yang biasa kita kenal dengan pengencer darah, contohnya adalah warfarin, aspirin dosis rendah, dan lain-lain.
ANTIDEPRESAN : Obat-obat yang berkhasiat dalam mengatasi keadaan depresi atau gangguan mental.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s