EPIDEMIOLOGI KLINIK (ppt)

EPIDEMIOLOGI KLINIK (ppt)

DOWNLOAD

LATAR BELAKANG
Epidemiologi menekankan pada upaya menerangkan bagaimana frekuensi & distribusi penyakit serta bagaimana berbagai factor dapat menjadi factor penyebab.Sebenarnya ilmu kedokteran klinis dan epidemiologi lahir bersamaan. Penemu-penemu di bidang epidemiologi sebagian besar adalah juga para dokter (klinikus) hanya saja dalam beberapa dekade terakhir ini mulai tampak ada pemisahan dalam segi pendidikan, latihan, jurnal dan macam pekerjaannya. Namun demikian para dokter (klinikus) dan ahli epidemiologi menjadi semakin sadar bahwa sebenarnya mereka perlu saling berhubungan.
Untuk itu diperlukan suatu “jembatan” antar klinikus dan ahli epidemiologi dengan suatu disiplin ilmu yang disebut dengan epidemiologi klinis. Bisa dikatakan lain, epidemiologi klinis adalah suatu aplikasi dari prinsip-prinsip epidemiologi dalam praktek untuk pengobatan.
penyakit.
TINJAUAN PUSTAKA
Pada mulanya epidemiologi diartikan sebagai studi tentang epidemi. Hal ini berarti bahwa epidemiologi hanya mempelajari penyakit-penyakit menular saja tetapi dalam perkembangan selanjutnya epidemiologi juga mempelajari penyakit-penyakit non infeksi, sehingga dewasa ini epidemiologi dapat diartikan sebagai studi tentang penyebaran penyakit pada manusia di dalam konteks lingkungannya.
Mencakup juga studi tentang pola-pola penyakit serta pencarian determinan-determinan penyakit tersebut. Dapat disimpulkan bahwa epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit serta determinan-determinan yang mempengaruhi penyakit tersebut.

TINJAUAN PUSTAKA
Di era modern dan perkembangan teknologi seperti sekarang ini memicu jangkauan epidemiologi semakin meluas. Secara garis besarnya jangkauan atau ruang lingkup epidemiologi antara lain:
1.      Epidemiologi Penyakit Menular
2.      Epidemiologi Penyakit Tidak Menular
3.      Epidemiologi Kesehatan Reproduksi
4.      Epidemiologi Kesehatan Lingkungan
5.      Epidemiologi Kesehatan Kerja
6.      Epidemiologi Kesehatan Darurat
7.      Epidemiologi Kesehatan Jiwa
8.      Epidemiologi Perencanaan
9.      Epidemiologi Prilaku
10.    Epidemiologi Genetik
11.    Epidemiologi Gizi
12.    Epidemiologi Remaja
13.    Epidemiologi Demografi
14.    Epidemiologi Klinik
15.    Epidemiologi Kausalitas
16.    Epidemiologi Pelayanan Kesehatan
17.    dan sebagainya.

Epidemiologi klinik

merupakan salah satu dari dasar ilmu pengetahuan berhubungan dengan obat. Epidemiologi klinis diarahkan pada satu populasi yang digambarkan dengan pasien-pasien yang dibandingkan dengan satu populasi masyarakat. Epidemiologi klinis ini berperan penting dalam meningkatkan pelatihan dalam hal klinis dari dokter, perawat, ahli fisioterapi dan tenaga kesehatan  lainnya. Pertimbangan lainnya dalam epidemiologi klinis adalah dalam hal pengambilan keputusan klinis harus didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah yang memerlukan hasil yang relevan, dengan melakukan riset, sehingga diperoleh hasil epidemiologi yang kuat.

Epidemiologi klinis ini berpusat pada: ketelitian dari uji diagnosis; dugaan dari suatu penyakit; efektivitas dari perawatan; dan pencegahan penyakit di dalam praktek klinis.

PEMBAHASAN
Epidemiologi ini dapat digambarkan dalam suatu spektrum penyakit. Spectrum penyakit yaitu urutan peristiwa yang terjadi pada manusia, sejak saat pajanan terhadap agen etiologi, lalu terjadi perubahan patologi, timbulnya gejala, kemudian didiagnosis penyakitnya, dan kalau sudah parah bisa terjadi kematian. Hanya sebagian kecil pada umunya disadari oleh pengamatan kesehatan yaitu pabila umumnya kasus telah berkembang penuh.
Bisa kita lihat tujuan dari epidemiologi adalah mendiagnosis masalah kesehatan masyarakat, menentukan riwayat alamiah dan etiologi penyakit, dan menilai dan merencanakan pelayanan kesehatan.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan surveillance epidemiologi dan penelitian epidemiologi.
Surveillance epidemiologi meliputi pengumpulan data secara sistematis dan kontinu; pengolahan, analisis dan interpretasi data sehingga menghasilkan info; penyebarluasan info tersebut kepada instasi yang berkepentingan; penggunaan informasi tersebut untuk pemantauan, penilaian, dan perencanaan program kesehatan

KESIMPULAN
1. Epidemiologi klinis adalah suatu aplikasi dari prinsip-prinsip epidemiologi dalam praktek untuk pengobatan.
2. Epidemiologi klinis ini berpusat pada: ketelitian dari uji diagnosis; dugaan dari suatu penyakit; efektivitas dari perawatan; dan pencegahan penyakit di dalam praktek klinis.
3. Tujuan dari epidemiologi adalah mendiagnosis masalah kesehatan masyarakat, menentukan riwayat alamiah dan etiologi penyakit, dan menilai dan merencanakan pelayanan kesehatan.

TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s